Mudah-mudahn jadi masukan yg berharga bagi kami dan siapapun yg berbisnis melayani belanja baju muslim lewat toko busana muslim online

LOVE YOUR CUSTOMER, RESPECT YOUR COMPETITOR

Sumber AA Gym & Hermawan K
(Berbisnis Dengan Hati)

Cintailah pelanggan Anda, dan hormatlah pada competitor Anda. Tim saya menemukan ada disuatu hadist: “Allah tidak akan berbelas kasih pada seseorang bila ia tidak mengasihi sesamanya,” Hadist riwayat Bukhari, dan Thabrani. Dan tim saya juga menemukan suatu quotation, “Dan janganlah sekali – sekali kebencianmu terhadap kamu untuk berlaku tidak adil,” Al Qur’an surat Al Maidah : 8

Aa Gym sudah jelas mengatakan, mengapa harus takut bersaing? Bersaing itu bagus. Kalau tidak ada lawannya kita selalu menjadi juara, tapi apa artinya juara? Bagi orang marketing kita harus melihat hal – hal sebagai berikut :

Pertama, competitor akan memperbesar pasar, sebab tanpa competitor industri tidak akan berkembang. Sebagai contoh, orang yang menjual martabak di suatu tempat, kalu tidak ada orang yang menjual martabak di sebelah – sebelahnya, maka pasar permartabakan mungkin tidak akan besar. Jadi your competitor will increase your market.

Kedua, competitor Anda sebetulnya perlu dibenchmark, mana yang bagus dan mana yang jelek. Yang bagus harus ditiru, namanya benchmarking. Dalam istilah manajemen, mempelajari competitor itu tidak ada yang salah, malah dianjurkan.

Ketiga, kalau Anda tahu competitor Anda melakukan strategi, barangkali belum tentu Anda harus meniru dia. Ada yang perlu ditiru, tapi justru ada yang harus dilakukan diferensiasi, yakni dengan menciptakan hal yang berbeda dengan apa yang telah dimiliki oleh competitor.

Iklan