Setiap kali menjelang Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, produk baju muslim melimpah ruah. Mulai dari aneka gaya, warna, dan ukuran. Tak jarang dengan iming-iming diskon. Nah, hal-hal apakah yang harus dipertimbangkan saat Belanja Baju Muslim? Berikut adalah jawabannya.

  • Tentukan tujuan Anda belanja baju muslim, apakah untuk konsumsi sendiri atau untuk dijual kembali. Jika hanya untuk konsumsi sendiri, Anda bisa berbelanja di butik, misalnya. Namun jika untuk dijual kembali, hendaknya Anda belanja baju muslim langsung pada produsen atau penjual grosiran.
  • Tentukan anggaran belanja baju muslim. Agar ketat pada anggaran, buatlah daftar belanja baju muslim apa saja yang harus dibeli. Misalnya: baju koko untuk suami dan anak-anak laki-laki, baju gamis untuk Anda, baju lengan panjang atasan untuk anak perempuan yang telah remaja, dan lain sebagainya.
  • Pastikan Anda belanja baju muslim yang syar’i. Pastikan baju muslim tersebut tidak ketat, tidak menerawang, tidak membentuk tubuh, serta menutup aurat.
  • Catat ukuran tubuh calon pemakai baju muslim. Saat belanja baju muslim, pastikan Anda membawa catatan tersebut, sekaligus pastikan pada penjual baju tersebut bahwa baju bisa ditukar jika ukurannya kurang pas.
  • Tentukan waktu baju muslim akan dikenakan, agar Anda bisa memilih yang sesuai saat belanja baju muslim. Misalnya, untuk acara siang hari pilihlah baju muslim dengan bahan menyerap keringat dan warna-warna cerah. Sedangkan untuk acara malam hari, Anda bisa memilih warna-warna gelap, netral, atau emas dan perak.
  • Sesuaikan baju muslim tersebut dengan jilbab yang serasi. Padu padan warna tak harus warna jilbab dan baju sama. Berkreasilah dengan ragam warna. Temukan satu warna dominan pada corak baju muslim Anda dan jadkan itu sebagai warna jilbab Anda.
  • Selalu periksa kondisi baju muslim saat tengah belanja baju muslim, apakah kancingnya bisa dibuka dan ditutup semua,kelimannya rapi, dan warnanya luntur atau tidak. Cari tahu bagaimana perawatannya, apakah perlu diseterika sampai licin, harus dicuci dengan cara dryclean, dan sebagainya.
  • Selalu tanya pada penjual, berapa diskon atau potongan yang Anda peroleh jika Anda belanja baju muslim lebih dari satu. Bahkan saat Anda hanya membeli satu saja baju muslim, pastikan apakah harganya masih bisa ditawar.
  • Tanyakan pada penjual atau produsen, mengenai kemungkinan Anda menjadi member. Umumnya, member dan reseller akan mendapat diskon khusus saat belanja baju muslim.
  • Catat juga event-event diskon yang akan digelar produsen baju muslim tersebut selama setahun. Jadi saat event diskon tiba, Anda telah siap untuk belanja baju muslim.

Selamat berbelanja!

Sumber:  anneahira.com

Iklan